Penasaran Kenapa Nafsu Makan Meningkat Saat Sedang Stres? Ini Penjelasannya! - Kabar Terkini Dan Terupdate

" Terlepas dari kebutuhan tubuhmu untuk tetap makan, selera makanmu juga dipengaruhi oleh tempat, waktu, keberadaan teman dan tentu saja, k..."

Selamat siang kawan Kabar Update kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Penasaran Kenapa Nafsu Makan Meningkat Saat Sedang Stres? Ini Penjelasannya! - Kabar Terkini Dan Terupdate, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/05/inilah-5-pelajaran-berharga-penuntut.html dan berikut adalah artikel yang membahas Penasaran Kenapa Nafsu Makan Meningkat Saat Sedang Stres? Ini Penjelasannya! - Kabar Terkini Dan Terupdate,,oke deh langsung saja berikut tips Penasaran Kenapa Nafsu Makan Meningkat Saat Sedang Stres? Ini Penjelasannya! - Kabar Terkini Dan Terupdate.



Terlepas dari kebutuhan tubuhmu untuk tetap makan, selera makanmu juga dipengaruhi oleh tempat, waktu, keberadaan teman dan tentu saja, keadaan emosi. Bagaimana suasana hatimu, apa yang kamu rasakan, dan intensitas emosimu bisa membuat perbedaan antara pilihanmu untuk berjalan ke kulkas dan makan atau memilih untuk tidur saja.

Apakah kamu makan untuk memenuhi kebutuhan tubuh atau hanya untuk menghilangkan stres? Kalau kamu makan setiap kali mengalami lonjakan emosi maka kamu bisa disebut emotional eater.

Semua orang punya masalah, namun beberapa orang memiliki sebuah kekosongan atau rasa lapar yang lebih dalam dari orang biasa. Kesedihan tak akan pergi begitu saja, kebingungan tak akan menemui jalan keluar, target tak akan ditemukan, kecuali jika perut kita terisi. Itu adalah kebutuhan emosional yang tak bisa dipenuhi jika kita tak mengunyah sesuatu untuk dimakan.

Ketika makan yang seharusnya menjadi kebutuhan normal, maka akan menjadi masalah bila insting pertama yang muncul di dalam kepala adalah menuju ke dapur dan makan ketika kamu merasa kesepian, sedih atau stres. Kita semua membutuhkan makan, memang. Tapi jika kebiasaan ini diteruskan maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Mau tahu sebabnya kenapa kita makan lebih banyak ketika merasa emosional?

1. Kepalamu dibanjiri rasa sedih atau malu yang berlebihan.

Sedih dan bete? Makan yuk.
Baru putus sama pacar? Beli es krim ah.
Ada masalah sama kerjaan? Ngemil sambil nonton TV.

Makanan adalah hal yang pertama melintas ketika kamu bersedih, karena alam bawah sadarmu sudah menganggap bahwa makanan adalah obat mujarab untuk menyembuhkan kesedihan. Terlebih lagi jika makan makanan yang mengandung karbohidrat, gula dan lemak tinggi. Karena makanan yang mengandung gula tinggi bisa memicu tubuh kita untuk mengeluarkan hormon serotonin yang berfungsi untuk menaikkan suasana hati.

Jadi kalau kamu sedih terus makan cokelat sebenernya gak salah sih, cuma jangan berlebihan aja.

2. Kebosanan melanda, mau ngapain? Ya makan aja.

Bayangin nih.
Minggu siang, malas-malasan, dan kamu gak tahu mau ngapain. Kamu duduk di depan TV nonton acara gak bermutu, otomatis tanganmu meraih sebungkus keripik atau sekotak kue. Beberapa menit kemudian makanan tersebut raib. Lah, apa-apaan nih?

Ketika kamu bosan, kamu tak sepenuhnya perhatian dengan keadaan sekitar. Ini dapat menyebabkan secara gak sadar kita melakukan hal untuk mengisi kekosongan, dan sayangnya, makanan adalah pertama yang sering kita pikirkan.

3. Otakmu sedang berapi-api dengan stres dan kegelisahan.

Merasa stres dan sibuk sepanjang hari adalah kategori normal yang baru. Kebanyakan kita sering putus asa untuk menemukan cara untuk melepaskan stres, dengan cara memasukkan makanan ke dalam tubuh. Stres telah terbukti meningkatkan kebutuhan gula dan kalori dalam tubuh. Jadi ketika stres, pikiran kita secara otomatis mencari makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Apa sih yang menyebabkan hal ini?

Gula dan makanan berlemak biasanya meningkatkan kinerja otak sehingga stres dan kegelisahan bisa sedikit memudar. Tapi layaknya kamu dan mantanmu, kebahagiaan itu cuma sementara, karena stres bakal balik lagi.

4. Kamu ingat sebuah memori dan kejadian yang pernah kamu alami.

Tahu gak sih kalau ingatan kita tentang seseorang biasanya bisa diungkit lagi dengan makanan tertentu?

Misalnya kamu belum bisa move on dari mantan. Kamu ingat kalau mantanmu suka banget makan es krim. Untuk mengingatnya, tiap malam kamu makan es krim sembari memandang fotonya.

Gimana gak gendut coba kalau kayak gini?

5. Kamu merasa kalau kamu butuh penghargaan atas kerja kerasmu.

Presentasimu bagus?
Dapat promosi?
Putus pacar?
Enaknya ngapain?
MAKAN.

6. Kamu kesepian dan membutuhkan teman.

Makanan bisa memicu perasaan nyaman dan aman, seperti selimut. Jadi ketika kamu ketemu dengan seseorang yang sering ngomongin makanan layaknya teman sejati, mungkin dia sedang kesepian.

Kita semua membutuhkan perasaan nyaman dari seorang teman. Ketika tak ada siapapun, makanan bisa menjadi pengganti termudah yang bisa kamu temukan. Perlu kamu ingat, makanan tak akan pernah bisa mengisi kekosongan dari kesendirianmu, tapi lumayanlah buat menghapus luka meski cuma sementara.

7. Kamu sedang ketakutan.

Banyak dari kita merasa takut untuk alasan tertentu. Satu cara untuk menghilangkan ketakutan adalah lewat makanan. Riset membuktikan bahwa rasa takut bisa memicumu untuk makan. Dan menariknya adalah, berbagai lonjakan perasaan kini bisa semakin memicumu untuk selalu makan.

Sebenarnya masih ada banyak hal yang perlu kita tahu soal emosi, biologi dan keadaan tertentu yang menyebabkanmu selalu makan setiap waktu. Satu langkah awal untuk mengatur berat badan ideal adalah selalu memperhatikan nafsu makanmu ketika kamu sedang emosional. Berhati-hati untuk tidak makan ketika kamu sedang sedih atau gelisah ya!

(Sumber:http://www.idntimes.com)


from 8KABAR http://ift.tt/1TPk0hr
Penasaran Kenapa Nafsu Makan Meningkat Saat Sedang Stres? Ini Penjelasannya! - Kabar Terkini Dan Terupdate

Kabar Unik Terupdate Dan Terbaru, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : kabar unik, kabarterbaru, kabar terbaru tapi unik, kabar unik dan terbaru, kabar unik sekali, kabar terbaru sekali

Anda sedang membaca artikel Penasaran Kenapa Nafsu Makan Meningkat Saat Sedang Stres? Ini Penjelasannya! - Kabar Terkini Dan Terupdate di Kabar Update. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/05/pelecehan-wanita-makin-merajalela.html atau http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/05/inilah-5-pelajaran-berharga-penuntut.html.

Semua artikel yang ada di Kabar Update adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah " Terlepas dari kebutuhan tubuhmu untuk tetap makan, selera makanmu juga dipengaruhi oleh tempat, waktu, keberadaan teman dan tentu saja, k..."

No comments:

Post a Comment