Inilah 9 Tips Mempersiapkan Ramadhan - Kabar Terkini Dan Terupdate

" Bulan suci ramadhan tinggal menghitung hari. Sebelum memasuki bulan ramadhan, tentu kita harus mempersiapkan baik jasad maupun rohani dal..."

Selamat siang kawan Kabar Update kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Inilah 9 Tips Mempersiapkan Ramadhan - Kabar Terkini Dan Terupdate, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/05/kolesterol-turun-100-sakit-pinggang.html dan berikut adalah artikel yang membahas Inilah 9 Tips Mempersiapkan Ramadhan - Kabar Terkini Dan Terupdate,,oke deh langsung saja berikut tips Inilah 9 Tips Mempersiapkan Ramadhan - Kabar Terkini Dan Terupdate.



Bulan suci ramadhan tinggal menghitung hari. Sebelum memasuki bulan ramadhan, tentu kita harus mempersiapkan baik jasad maupun rohani dalam diri kita.

Sahabat rasulullah melakukan berbagai cara untuk mempersiapkan bulan keberuntungan ini. Oleh karena itu, kita pun juga harus meniru mereka agar ketika memasuki bulan ramadhan sehat jasadnya, bersih hati dan pikirannya.

Dilansir Ilmfeed, berikut beberapa tips untuk mempersiapkan kedatangan bulan suci ramadhan:

1.  Hilangkan Kebiasaan Buruk
Sebelum masuk bulan ramadhan, hilangkanlah segala macam kebiasaan buruk yang dilakukan, seperti mulai mengurangi mendengarkan musik yang melenakan jiwa, merokok, menonton acara-acara tertentu yang tidak berbobot dan lain sebagainya. Tentu, hal-hal buruk tersebut harus diteruskan pada bulan-bulan setelah bulan ramadhan. Sebab, bukankah terlalu munafik, jika kita menjauhi hal-hal buruk yang merusak hanya pada saat bulan ramadhan saja?

2.  Bertaubat dengan Hati yang Tulus
Setelah kita berusaha menghilangkan kebiasaan-kebiasan buruk yang ada dalam diri, maka selanjutnya mohon ampunlah pada Allah SWT. Bertaubatlah dengan membuat janji-janji yang tulus kepada-Nya bahwa kita tidak akan kembali kepada keburukan.

Jangan menunda taubat kita sampai datang ramadhan, sebab bukankah umur ini yang menggenggam hanyalah Allah semata? Bagaimana jika ramadahan tiba, namun kita sudah tiada? Tunggu apalagi, maka bertaubatlah!

3. Jangan Bosan Berdoa
Setelah mencoba menghilangkan kebiasaan buruk dan membuat pertaubatan yang tulus, selanjutnya panjatkanlah doa kepada Allah SWT. Sebab, doa adalah senjata seorang muslim. Mintalah kepada Allah agar kita diberikan kesehatan, ketenangan hati, dan kebersihan jiwa sampai datang bulan ramadhan. 

Jika kita sudah sering berdoa, hingga membuat kita merasa bosan. Namun, percayalah bahwa Allah tidak pernah lelah atau bosan mendengarkan doa-doa hamba-Nya. Panjatkanlah doa dengan keikslasan hati, penuh makna dan dengan niat karena Allah SWT.

4.  Membiasakan Tilawah dan Tadabur Al-Qur’an
Sebelum bulan suci dimulai, maka berlatih keraslah untuk membaca Al-Qur’an. Peliharalah keterampilan membaca Al-Qur’an dengan sering melakukan tilawah mulai dari sekarang.

Akan jauh lebih baik, jika kita mulai mempelajari Al-Qur’an dengan hati yang ikhlas, memahami maknanya, dan merenungkan isinya. Bayangkan Surah-surah yang kita pelajari adalah salah satu surah yang dibacakan Imam saat shalat tarawih saat bulan Ramadhan.

5.  Meningkatkan Kekhusyuan Shalat
Walaupun shalat tarawih tidak wajib, namun sangat dianjurkan bagi kaum muslim mengerjakannya saat bulan ramadhan.Salah satu hal penting yang sering gagal kita lakukan dalam shalat ialah membangun koneksi dengan Allah SWT.

Oleh karena itu, sebelum ramadhan alangkah lebih baik jika kita mulai memahami bacaan shalat yang kita lakukan , merenungi maknanya dan meresapi esensinya agar kita terbiasa khusyu ketika mendirikan shalat, begitupun saat shalat tarawih di bulan suci ramadhan.

6.  Belajar Ilmu Agama dan Pengetahuan
Islam bukan hanya agama ritual, tapi juga agama yang aplikatif dan kaya akan sumber pengetahuan. Oleh karena itu, kiranyapenting bagi kita untuk belajar ilmu-ilmu tentang islam, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan yang ada dalam Al-Qur’an. Sehingga, kita bisa memahami hikmah-hikmah di balik puasa, sedekah, shalat dan amal-amal baik lainnya. Tentu, diharapkan hal itu bisa semakin meningkatkan semangat kita untuk melakukan fastabiqul khoirot di bulan ramadhan.

7.  Perbanyak Membantu Oranglain
Sebelum masuk bulan ramadhan, kita harus membiasakan melakukan amal kebaikan yang membantu oranglain. Misalnya dengan menyumbangkan bantuan kepada fakir miskin atau saudara-saudara kita yang membutuhkan seperti di Palestina ataupun Suriah. Sebab, bukan tidak mungkin jika mereka akan melakukan ibadah bulan ramadhan ini dengan serba kekurangan, berbeda dengan kondisi kita di sini.

8. Tulis Daftar Amal-amal baik yang akan dilakukan
Jangan menunda untuk melakukan perbuatan baik. Bersegera dan berharaplah kepada Allah SWT, agar segala perbuatan yang kita lakukan bisa diridhoi-Nya, terlebih di waktu barokah seperti bulan ramadhan. Maka mulai saat ini, buatlah jadwal atau tulis daftar hal-hal baik apa yang akan kita lakukan di bulan ramadhan, tentu semua itu dengan niat mengharap ridho Allah semata.

9.  Membiasakan Puasa
Kebanyakan dari kita ketika mendengar kata puasa, maka yang terlintas hanya bulan Ramadhan saja. Padahal masih ada puasa-puasa lainnya. Meski hukumnya sunnah, namun sangat penting dilakukan untuk melatih diri kita sebelum melakukan puasa di bulan ramadhan.

Misalnya puasa sunnah pertengahan bulan (yaumul bidh) yaitu setiap tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan Hijriah. Selanjutnya, puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis yang dipraktekan oleh Nabi yang kita cintai Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, cobalah mempersiapkan puasa di bulan ramadhan dengan melakukan puasa-puasa sunnah terlebih dahulu.

Semoga sembilan tips di atas bisa membuat kita lebih maksimal ketika ramadhan telah tiba. Mari kita luruskan niat yang kuat untuk memasuki Ramadhan dengan kondisi yang lebih siap dibandingkan dengan ramadhan-ramadhan sebelumnya. Wallahu’alam.

(Sumber:http://ift.tt/1xyt7Ll)


from 8KABAR http://ift.tt/20ea59J
Inilah 9 Tips Mempersiapkan Ramadhan - Kabar Terkini Dan Terupdate

Kabar Unik Terupdate Dan Terbaru, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : kabar unik, kabarterbaru, kabar terbaru tapi unik, kabar unik dan terbaru, kabar unik sekali, kabar terbaru sekali

Anda sedang membaca artikel Inilah 9 Tips Mempersiapkan Ramadhan - Kabar Terkini Dan Terupdate di Kabar Update. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/05/dirikan-perusahaan-taksi-di-london.html atau http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/05/kolesterol-turun-100-sakit-pinggang.html.

Semua artikel yang ada di Kabar Update adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah " Bulan suci ramadhan tinggal menghitung hari. Sebelum memasuki bulan ramadhan, tentu kita harus mempersiapkan baik jasad maupun rohani dal..."

No comments:

Post a Comment