Ganyong, Namanya Ndeso Tapi Bisa Bikin Kamu Kenyang dan Menyembuhkan Penyakit Mematikan - Kabar Terkini Dan Terupdate

" Tanaman Ganyong atau disebut Ganyol di wilayah Sunda, namanya asing bagi anak-anak generasi internet. Tanaman yang namanya terkesan ndeso..."

Selamat siang kawan Kabar Update kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Ganyong, Namanya Ndeso Tapi Bisa Bikin Kamu Kenyang dan Menyembuhkan Penyakit Mematikan - Kabar Terkini Dan Terupdate, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/05/cerita-abadi-tentang-cinta-sejati-20.html dan berikut adalah artikel yang membahas Ganyong, Namanya Ndeso Tapi Bisa Bikin Kamu Kenyang dan Menyembuhkan Penyakit Mematikan - Kabar Terkini Dan Terupdate,,oke deh langsung saja berikut tips Ganyong, Namanya Ndeso Tapi Bisa Bikin Kamu Kenyang dan Menyembuhkan Penyakit Mematikan - Kabar Terkini Dan Terupdate.



Tanaman Ganyong atau disebut Ganyol di wilayah Sunda, namanya asing bagi anak-anak generasi internet. Tanaman yang namanya terkesan ndeso ini memiliki banyak manfaat baik untuk dikonsumsi sebagai penganan penganti beras atau dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Tanaman yang namanya terkesan ndeso ini memiliki nama ilmial Canna edulis Kerr. Tanaman ini umumnya dikenal dan tumbuh di pedesaan. Tanaman ganyong ini awalnya berasal dari daerah Amerika Selatan, namun sudah lama akrab di antara masyarakat Indonesia, khsusunya para petani.

Ganyong banyak memiliki persamaan nama lain di beberapa daerah di Indonesia, yaitu buah tasbih, ubi pikul, ganyal, ganyol, sinetra, dan lainnya. Istilah di mancanegara untuk menyebut ganyong adalah dengan sebutan Queensland Arrowroot. Ganyong merupakan jenis tanaman umbi-umbian, atau yang banyak dimanfaatkan rimpangnya untuk dikonsumsi.

Dikutip dari laman tipscaramanfaat.com, Ganyong mengandung cukup tinggi karbohidrat, selain itu menurut Data Direktorat Gizi Depkes RI, kandungan gizi Ganyong untuk setiap 100 gram nya terdiri dari kalori 95,00 kal, protein 1,00 g, lemak 0,11 g, karbohidrat 22,60 g, kalsium 21,00 g, fosfor 70,00 g, zat besi 1,90 mg, vitamin B1 0,10 mg, vitamin C 10,00 mg, air 75,00 g.

Berikut beberapa manfaat Ganyong;

Untuk pertumbuhan balita
Umbi ganyong sangat baik bagi pertumbuhan anak balita, karena ganyong mengandung fosfor, zat besi, dan kalsium yang tinggi.

Khasiat Obat
Umbi ganyong juga berkhasiat untuk obat antipiretik dan diuretik, serta bagus juga untuk penyakit diare, hepatitis akut, hipertensi, radang saluran kencing, dan panas dalam.
Panas dalam:

Untuk mengobati panas dalam- Umbi ganyong 30 g, Rimpang temu lawak 30 g, Air 700 ml. Semua bahan direbus hingga mendidih selama 15 menit. Diminum ketika sudah hangat 2 kali sehari

Radang saluran kencing - Umbi ganyong 40 g, Daun kumis kucing 30 g, Akar alang-alang 20 g, Air 600 ml. Bahan direbus hingga mendidih selama 15 menit. Ramuan dapat diminum hangat saat pagi dan sore.

Baik bagi tulang
Kalsium adalah senyawa kimiawi yang berguna untuk membangun dan memperbaiki tulang. Ganyong mengandung cukup tinggi kalsium, yaitu 21,00gram untuk 100 gramnya. Selain itu, ganyong juga sangat mudah dicerna, dan tentunya sangat baik untuk kesehatan usus kita.

Alternatif Pengganti Beras
Disaat musim paceklik, ganyong bisa menjadi bahan alternatif pengganti beras yang cukup lezat. Hal ini ganyong banyak mengandung karbohidrat dan kalori, dimana karbohidrat selain mengenyangkan, juga merupakan bahan baku tubuh untuk menghasilkan energi bersama kalori. 

(Sumber:http://ift.tt/1dyfW0E)


from 8KABAR http://ift.tt/1U584Z8
Ganyong, Namanya Ndeso Tapi Bisa Bikin Kamu Kenyang dan Menyembuhkan Penyakit Mematikan - Kabar Terkini Dan Terupdate

Kabar Unik Terupdate Dan Terbaru, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : kabar unik, kabarterbaru, kabar terbaru tapi unik, kabar unik dan terbaru, kabar unik sekali, kabar terbaru sekali

Anda sedang membaca artikel Ganyong, Namanya Ndeso Tapi Bisa Bikin Kamu Kenyang dan Menyembuhkan Penyakit Mematikan - Kabar Terkini Dan Terupdate di Kabar Update. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/05/astaghfirullah-inilah-dzikir-dzikir.html atau http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/05/cerita-abadi-tentang-cinta-sejati-20.html.

Semua artikel yang ada di Kabar Update adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah " Tanaman Ganyong atau disebut Ganyol di wilayah Sunda, namanya asing bagi anak-anak generasi internet. Tanaman yang namanya terkesan ndeso..."

No comments:

Post a Comment