Ini Dia Sepeda Motor Berbahan Bakar Air Buatan Mahasiswa USU

"Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), sukses memodifikasi sepeda motor sehingga bisa memakai bahan bakar air. Sepeda motor tersebut, m..."

Selamat siang kawan Kabar Update kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Ini Dia Sepeda Motor Berbahan Bakar Air Buatan Mahasiswa USU, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://kabarbarulagi.blogspot.com/2015/11/sebelum-tidur-isi-sarung-bantal-anda.html dan berikut adalah artikel yang membahas Ini Dia Sepeda Motor Berbahan Bakar Air Buatan Mahasiswa USU,,oke deh langsung saja berikut tips Ini Dia Sepeda Motor Berbahan Bakar Air Buatan Mahasiswa USU.


Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), sukses memodifikasi sepeda motor sehingga bisa memakai bahan bakar air.

Sepeda motor tersebut, merupakan hasil kreasi mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

"Ini menjawab tuntutan masyarakat, khususnya karena harga BBM naik," ujar Dr Tulus Ikhsan Nst, dosen pembimbing, Rabu (19/11/2014).

Ia menuturkan, sepeda motor standar bisa dimodifikasi sehingga berbahan bakar bioetanol plus air.

Sebanyak 500 mililiter air tampak diletakkan tepat di jok belakang, berdampingan dengan bioetanol di dalam sebuah tempat transparan.

Hebatnya, air tersebutlah yang digunakan untuk menjadi bahan bakar menembus 300 kilometer perjalanan.

Perahu Berbahan Bakar Air

Beberapa waktu lalu, Tim peneliti yang tergabung dalamPerhimpunan Ahli Teknik Indonesia (PATI) Wilayah ProvinsiBanten berhasil menciptakan mesin perahu berbahan bakar air yang bisa mengurangi ongkos melaut para nelayan.

"Mesin tersebut dapat mengurangi pemakaian bensin para nelayan hingga mencapai delapan puluh persen," kata Ketua Umum PATI Wilayah Provinsi Banten, Lili Romli, di kantornya di Graha Telkom Serpong, Rabu (28/3/2012).

Ia mengatakan, mesin tersebut dinamai Eco Power Buster (EPB) yang dibuat oleh peneliti muda, Ajat Sudrajat dari Universitas Nasional.

Bila biasanya para nelayan mengeluarkan uang sebesar Rp 600 ribu per hari untuk kebutuhan membeli bahan bakar minyak, maka dengan mesin EPB pengeluaran bisa ditekan.

Proses menghidupkan mesin tetap memerlukan bahan bakar minyak.

Namun dalam proses bekerjanya, mesin berkapasitas bahan bakar 2 liter itu bisa dihidupkan hanya dengan air.

Mesin itu, menurut Lili, berharga sekitar Rp 1,8 juta. PATI sudah berkoordinasi dengan Bappeda Propinsi Banten untuk mengembangkan mesin tersebut.

Kemampuan mesin hemat energi ini sudah melewati pengujian oleh BP Migas Kementerian ESDM dan uji laboratorium IPB.

"Kita masih menunggu respon dari Bappeda Provinsi Bantenterkait pengadaan mesin tersebut untuk para nelayan," katanya.

Lili juga menambahkan bahwa pihaknya siap untuk mengadakan 100 mesin tahap pertama bila pemerintah ingin mendukungnya.

"Para nelayan di Jawa Timur sangat antusias dengan adanya mesin ini. Kami harapkan Pemprov Banten pun ikut mengembangkannya," pungkasnya.

Kabar Unik Terupdate Dan Terbaru, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : kabar unik, kabarterbaru, kabar terbaru tapi unik, kabar unik dan terbaru, kabar unik sekali, kabar terbaru sekali

Anda sedang membaca artikel Ini Dia Sepeda Motor Berbahan Bakar Air Buatan Mahasiswa USU di Kabar Update. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://kabarbarulagi.blogspot.com/2015/11/bawang-putih-ternyata-bisa-kempiskan.html atau http://kabarbarulagi.blogspot.com/2015/11/sebelum-tidur-isi-sarung-bantal-anda.html.

Semua artikel yang ada di Kabar Update adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah "Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), sukses memodifikasi sepeda motor sehingga bisa memakai bahan bakar air. Sepeda motor tersebut, m..."

No comments:

Post a Comment