Ini Hal Simpel yang Perlu Bunda Lakukan agar Anak Menjadi Hafidz Qur’an - Kabar Terkini Dan Terupdate

" Sahabat, menjadikan anak sebagai hafidz/hafidzah Qur’an adalah dambaan setiap orangtua muslim. Terdapat beberapa keutamaan untuk mempelaj..."

Selamat siang kawan Kabar Update kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Ini Hal Simpel yang Perlu Bunda Lakukan agar Anak Menjadi Hafidz Qur’an - Kabar Terkini Dan Terupdate, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/06/masya-allah-inilah-tips-awat-muda-ala.html dan berikut adalah artikel yang membahas Ini Hal Simpel yang Perlu Bunda Lakukan agar Anak Menjadi Hafidz Qur’an - Kabar Terkini Dan Terupdate,,oke deh langsung saja berikut tips Ini Hal Simpel yang Perlu Bunda Lakukan agar Anak Menjadi Hafidz Qur’an - Kabar Terkini Dan Terupdate.



Sahabat, menjadikan anak sebagai hafidz/hafidzah Qur’an adalah dambaan setiap orangtua muslim. Terdapat beberapa keutamaan untuk mempelajari dan menghafalkan Al-Qur’an, diantaranya: secara fisiologis akan menenangkan hati dan juga terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan menambah kecerdasan. Karena itu, tidak heran jika seorang anak yang hafidz Quran juga cemerlang dalam nilai akademisnya.

Berikut ini 3 hal yang perlu bunda lakukan agar anak menjadi Hafidz Quran:

1. Bagi anak yang sudah bisa membaca Al-Qur’an: jadwalkan waktu setoran hafalan dan murojaah
Menjadwalkan waktu untuk setoran hafalan dan murojaah sangat penting. Sebaiknya diskusikan hal ini bersama anak sehingga anak akan nyaman saat menjalankannya. Misalnya: setelah sholat maghrib.

Terapkan jadwal ini dengan konsisten untuk membentuk pola menghafal dan murojaah yang kuat pada sang anak.

2. Bagi anak yang sudah belum dapat membaca Al-Qur’an: bacakan berulang-ulang ayat atau surat yang ingin diajarkan
Untuk meringankan tugas bunda, maka sebaiknya seluruh anggota keluarga membantu dan terlibat dalam proses ini. Bunda dapat mewajibkan setiap anngota keluarga untuk membacakan surat pilihan yang akan dihafal sehari sebanyak 5 kali oleh masing-masing anggota keluarga, sehingga dalam sehari anak akan mendengar dan menyimak surat tersebut sebanyak 5 kali jumlah anggota keluarga yang ditugaskan.

Bacakan sekalipun anak terlihat sedang asik bermain. Sekalipun terlihat tidak memperhatikan, jangan kaget jika ternyata anak akan ikut melantunkan sambil tetap bermain mobil-mobilan.

3. Perdengarkan murottal di setiap waktu terutama menjelang anak tidur
Hal ini akan sangat membantu untuk melekatkan hafalan kepada anak-anak.
Sel-sel otak berkembang dengan sangat pesat di masa kanak-kanak. Sehingga saat seorang anak-anak menghafalkan sesuatu maka bagaikan menulis di sebuah sehingga akan melekat kuat. Karena itu marilah kita didik anak-anak kita membaca dan menghapal Al-Qur’an sejak dini.

Membiasakan anak-anak berinteraksi dengan Al-Quran sejak dini juga akan memberikan pemahaman bahwa Al-Qura’an adalah Kalamullah yang seharusnya menjadi pedoman hidup setiap saat.
Selain meningkatkan daya ingat dan menambah kecerdasan anak, seorang hafidz Quran juga akan memuliakan orangtuanya di hari kiamat.
 
Berikut ini haditsnya:
Dari Buraidah, Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang membaca Al-Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, ‘Mengapa kami dipakaikan jubah ini?’ Dijawab, ‘Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur’an.” (HR Abu Daud).

Subhanallah, semoga kita diberikan kemudahan dalam menjadikan anak-anak kita menjadi Hafidz Quran. Aamiin. Semoga Bermanfaat.

(Sumber:http://ift.tt/1UepbI6)


from 8KABAR http://ift.tt/28RXh5p
Ini Hal Simpel yang Perlu Bunda Lakukan agar Anak Menjadi Hafidz Qur’an - Kabar Terkini Dan Terupdate

Kabar Unik Terupdate Dan Terbaru, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : kabar unik, kabarterbaru, kabar terbaru tapi unik, kabar unik dan terbaru, kabar unik sekali, kabar terbaru sekali

Anda sedang membaca artikel Ini Hal Simpel yang Perlu Bunda Lakukan agar Anak Menjadi Hafidz Qur’an - Kabar Terkini Dan Terupdate di Kabar Update. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/06/menikah-bisa-bikin-lebih-makmur-asal.html atau http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/06/masya-allah-inilah-tips-awat-muda-ala.html.

Semua artikel yang ada di Kabar Update adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah " Sahabat, menjadikan anak sebagai hafidz/hafidzah Qur’an adalah dambaan setiap orangtua muslim. Terdapat beberapa keutamaan untuk mempelaj..."

No comments:

Post a Comment