Waspadai Flu Singapura, Lakukan Ini - Kabar Terkini Dan Terupdate

" Sedikit bebagi buat semua orang tua, flu singapura ini mulai merebak.salah satunya anak no.2 saya Devan 2,5th. Flu singapura atau Istil..."

Selamat siang kawan Kabar Update kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Waspadai Flu Singapura, Lakukan Ini - Kabar Terkini Dan Terupdate, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/03/dietmu-gagal-coba-tips-yang-satu-ini.html dan berikut adalah artikel yang membahas Waspadai Flu Singapura, Lakukan Ini - Kabar Terkini Dan Terupdate,,oke deh langsung saja berikut tips Waspadai Flu Singapura, Lakukan Ini - Kabar Terkini Dan Terupdate.



Sedikit bebagi buat semua orang tua, flu singapura ini mulai merebak.salah satunya anak no.2 saya Devan 2,5th.

Flu singapura atau Istilah kedokterannya adalah HFMD atau Hand Foot Mouth Disease atau KTM (Kaki tangan dan Mulut). Nama populernya adalah Flu Singapura. Mengapa penyakit ini dinamakan atau disebut flu singapura? Awalnya saya bingung padahal saya ga pernah ajak anak saya ke singapura hehehe.ternyata bukan berarti penyakit kaki tangan dan mulut ini berasal dari sana, melainkan karena penyakit ini pernah merebak di sana, tepatnya belasan tahun silam atau pada tahun 2000. Saking hebohnya, saat penyakit ini mewabah di Singapura, beberapa fasilitas umum ditutup, sebagian sekolah juga diliburkan.

Kata dokter penyakit flu singapura adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae (Pico, Spanyol = kecil ), Genus Enterovirus ( non Polio ). Genus yang lain adalah Rhinovirus, Cardiovirus, Apthovirus. Didalam Genus enterovirus terdiri dari Coxsackie A virus, Coxsackie B virus, Echovirus dan Enterovirus.

Penyebab flu singapura yang paling sering adalah virus Coxsackie A16. Virus lain yang sering menjadi penyebab adalah Enterovirus 71, yang kerap menyebabkan komplikasi kematian pada anak. Flu singapura jarang menyerang orang dewasa karena kekebalan tubuhnya sudah berfungsi optimal. Penyakit flu singapura lebih banyak menyerang bayi dan balita dengan rentang usia 2 minggu hingga 5 tahun, meski tak jarang menyerang anak usia 10 tahun.

Penularan Flu singapura mudah menular. Penularannya mirip penyakit flu, yaitu melalui kontak langsung dengan penderita. Medianya yaitu droplet. Jadi, saat penderita bersin, bernapas, batuk, maupun pilek, virus itu langsung terisap dan menyebabkan anak lain sakit.

Selain kontak langsung, flu singapura juga dapat menular lewat barang, mainan, peralatan makan, pakaian, dan barang lainnya yang terkontaminasi oleh lendir yang sudah terkontaminasi virus flu singapura. Penyakit flu singapura juga dapat dibawa oleh nyamuk dan lalat.
Anak yang sudah terkena flu singapura, biasanya kebal terhadap penyakit ini. Dengan catatan, virus strain-nya sama,

Tanda-tanda :
Masa inkubasi atau masa yang dihitung dari masuknya virus flu singapura ke dalam tubuh sampai timbul gejala, kira-kira membutuhkan waktu 2-5 hari. Adapun gejala atau tanda-tanda penyakit singapura antara lain:
  • Awalnya muncul demam, suhu anak atau bayi tidak kelewat tinggi yang muncul selama 2-3 hari.
  • Anak mengeluh sakit leher, sulit makan atau enggan menyusu ASI, pilek.
  • Bayi biasanya rewel
  • Timbul vesikel (lepuh kemerahan) pada beberapa bagian tubuh anak atau bayi, yang kemudian pecah, ada 3-10 ulcus di mulut seperti sariawan ( lidah, gusi, pipi sebelah dalam ) terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan.Bersamaan dengan itu timbul rash/ruam atau vesikel (lepuh kemerahan/blister yang kecil dan rata), papulovesikel yang tidak gatal di telapak tangan dan kaki. Kadang-kadang rash/ruam (makulopapel) ada di bokong.
  • Seperti halnya penyakit virus lainnya, penyakit flu singapura akan membaik sendiri dalam waktu 7-10 hari.
Pengobatannya:
Sesegera mungkin bawa ke dokter dan disana nanti akan diberikan salep untuk mengurangi penularan pada organ tubuh lainnya.parasetamol sebagai penurun panas.
Jika terjadi dehidrasi,komplikasi dan muntah" atau mencret diharuskan dirawat di rmh sakit (opname)
Sekian,smoga bermanfaat.

(Sumber:http://ift.tt/1TedQf4)


from 8KABAR http://ift.tt/1XY9YOm
Waspadai Flu Singapura, Lakukan Ini - Kabar Terkini Dan Terupdate

Kabar Unik Terupdate Dan Terbaru, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : kabar unik, kabarterbaru, kabar terbaru tapi unik, kabar unik dan terbaru, kabar unik sekali, kabar terbaru sekali

Anda sedang membaca artikel Waspadai Flu Singapura, Lakukan Ini - Kabar Terkini Dan Terupdate di Kabar Update. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/03/jangan-asal-ikut-ikutan-muslimah-wajib.html atau http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/03/dietmu-gagal-coba-tips-yang-satu-ini.html.

Semua artikel yang ada di Kabar Update adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah " Sedikit bebagi buat semua orang tua, flu singapura ini mulai merebak.salah satunya anak no.2 saya Devan 2,5th. Flu singapura atau Istil..."

No comments:

Post a Comment