Talas, Tumbuhan Umbi Ini Kaya Obat Dan Manfaat, Begini Cara Mengolahnya - Kabar Terkini Dan Terupdate

" Talas merupakan tumbuhan umbi yang cukup dikenal banyak orang . Tumbuhan ini asli Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan dan telah..."

Selamat siang kawan Kabar Update kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Talas, Tumbuhan Umbi Ini Kaya Obat Dan Manfaat, Begini Cara Mengolahnya - Kabar Terkini Dan Terupdate, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/03/bersihkan-komedo-dalam-sekejap-dengan.html dan berikut adalah artikel yang membahas Talas, Tumbuhan Umbi Ini Kaya Obat Dan Manfaat, Begini Cara Mengolahnya - Kabar Terkini Dan Terupdate,,oke deh langsung saja berikut tips Talas, Tumbuhan Umbi Ini Kaya Obat Dan Manfaat, Begini Cara Mengolahnya - Kabar Terkini Dan Terupdate.



Talas merupakan tumbuhan umbi yang cukup dikenal banyak orang . Tumbuhan ini asli Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan dan telah dibudidayakan manusia sejak mas purba, bahkan sebelum padi ditanam orang.

Talas merupakan salah satu makanan pokok di beberapa kepulauan di Oseania. Di Indonesia, talas populer hamper disemua daerah. Tumbuhan ini biasa tumbuh liar. Di Jawa, talas dikenal dengan sebutan lompong atau lumbu.

Manfaat 
Dari hasil penelitian beberapa pusat penelitian herbal, tumbuhan ini kaya akan obat , Daun talas bermanfaat karena beberapa kandungan kimia yang terdapat dalam kandungan ini, diantaranya polifenol, sapotin, kalsium, fospor, dan zat besi, serta berbagai vitamin seperti yang terdapat pada tanaman bayam .

Sementara umbinya mengandung thiamine, ribofla, vin, niacin, asam oksalat, kalsium oksalat, beta-caroten, colocasia sterol, fruktosa, glukosa, dan sukrosa.

Talas banyak dipakai untuk mengobati bebagai macam penyakit, mulai sembelit hingga TBC. Pada kasus haemorrhoid atau wasir, umbi talas dapat digunakan sebagai pencahar atau laxative. Sedangkan daunnya yang mengandung vitamin A, B, dan C banyak di manfaatkan untuk obat asma . Dalam beberapa literatur, tanaman ini juga sangat baik untuk penderita alergi susu. Kelebihan lainnya, tumbuhan ini juga bisa bermanfaat sebagai probiotik karena talas memiliki kandungan bakteri lactobacillus lactis. Studi lain juga menunjukan bahwa olahan dari talas ini dapat mengobati sakit diare, gastro enteritis, chronh’sdisease, colitis ulcer, kanker dan memperbaiki sistem imun . Nah, ternyata tumbuhan yang biasa dianggap gulam ini memiliki banyak manfaat .

Olahan 
Talas diolah menjadi bermacam bahan makanan . biasanya talas dimanfaatkan untuk membuat bahan aneka jenis kue. Salah satunya yang mudah dibuat adalah bolu kukus Talas, Berikut resepnya .

Bolu Kukus Talas

Bahan A :
2 Sendok makan tepung terigu 
4 sendok makan air 
1 sendok the ragi instan 

Bahan B : 
100 gram gula pasir 
150 gram talas kukus, haluskan 
1 butir telur 
130 gr tepung terigu 
85 ml santan cair hangat 
2 tetes pewarna ungu 
½ sendok the pasta talas 
Keju secukupnya 

Cara membuat :
Bahan A : Campur dan aduk rata tepung terigu, air, dan ragi . Diamkan 30 menit 
Bahan B : Campur gula dan talas, uleni sampai gula hancur . Lalu tambahkan telur dan bahan A, uleni. Masukan tepung terigu dan santan hangat bergantian serta garam. Uleni kembali

Tuang sisa santan hangat dan kocok dengan mixer selama 15 menit. Lalu tambahkan pewarna ungu dan pasta talas. Diamkan 45 menit .
Panaskan cetakan muffin yang telah dialasi paper cup. Tuang adonan kedalam cetakan .
Kukus 20 menit dengan api besar sampai matang. 
(Sumber:reportaseterkini.net)


from 8KABAR http://ift.tt/1S647Vz
Talas, Tumbuhan Umbi Ini Kaya Obat Dan Manfaat, Begini Cara Mengolahnya - Kabar Terkini Dan Terupdate

Kabar Unik Terupdate Dan Terbaru, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : kabar unik, kabarterbaru, kabar terbaru tapi unik, kabar unik dan terbaru, kabar unik sekali, kabar terbaru sekali

Anda sedang membaca artikel Talas, Tumbuhan Umbi Ini Kaya Obat Dan Manfaat, Begini Cara Mengolahnya - Kabar Terkini Dan Terupdate di Kabar Update. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/03/5-tips-buat-bawang-goreng-renyah-dan.html atau http://kabarbarulagi.blogspot.com/2016/03/bersihkan-komedo-dalam-sekejap-dengan.html.

Semua artikel yang ada di Kabar Update adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah " Talas merupakan tumbuhan umbi yang cukup dikenal banyak orang . Tumbuhan ini asli Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan dan telah..."

No comments:

Post a Comment